Sabtu, 27 Februari 2010

tgs kimling (zeaxanthin)

TUGAS KIMIA LINGKUNGAN

NAMA : GHINA NURDIANA PUTRI

NIM : H1E109070

PROGRAM STUDI : TEKNIK LINGKUNGAN

Siklus biogeokimia atau siklus organikanorganik adalah siklus unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik ke biotik dan kembali lagi ke komponen abiotik. Siklus unsur-unsur tersebut tidak hanya melalui organisme, tetapi jugs melibatkan reaksireaksi kimia dalam lingkungan abiotik sehingga disebut siklus biogeokimia.

(http://free.vlsm.org/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0032%20Bio%201-7c.htm)

Salah satu unsur yang termasuk dalam siklus biogeokimia adalah zeaxanthin yang terdapat dalam sel tumbuhan. Zeaxanthin adalah molekul panjang 40 karbon dengan 11 konjugasi doble bonds. Dari formula C40H56O2 dan mempunyai berat molekul 568,88 daltons.

Keberadaan zeaxanthin bentuk stereoimerik tiga itu hasil dari konfigurasi pada pusat chiral dua (3R, 3’R), ( 3r, 3’S) dan (3S, 3’S). Prinsip alam dari zeaxanthin adalah (3R, 3’R).

Zeaxanthin mempunyai kemampuan protectif lebih baik dari lutein karena itu konjugasi greater, struktur symmetrical.

http://www.deptan.go.id/bpsdm/bbpp_binuang/tampil.php?page=publikasi/edisiII09/edisiII09-4.

Antioksidan memberantas radikal bebas sehingga sel-sel tubuh mendapatkan asupan oksigen dengan lebih baik, termasuk mata. Sementara lutein dan zeaxanthin ibarat sunglasses alami yang membantu membentuk pigmen macular untuk menyaring efek buruk sinar matahari.

Makan kuning telur

Kebanyakan kita menjauhi kuning telur karena khawatir dengan kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi, padahal kuning telur kaya lutein dan zeaxanthin. Thomas Wilson PhD, peneliti pada Center for Health and Disease Research, University of Massachusetts-Lowell menegaskan, mereka yang mengonsumsi telur dua kali sehari secara signifikan lutein dan zeaxanthin-nya meningkat, tanpa mendongkrak jumlah LDL atau kolesterol jahat.

http://ixone.wordpress.com/category/kesehatan/.

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas

Zeaxanthin Zeaxanthin

Nama IUPAC

4 - [18 - (4-hydroxy-2 ,6,6-Trimetil-1-cyclohexenyl) -3,7,12,16-tetramethyl-octadeca-1,3,5,7,9,11,13,15,17-nonaenyl]-3,5,5-Trimetil-cyclohex-3-en-1-ol

nama lain

β, β-karoten-3, 3'-diol

Pengidentifikasi

Nomor CAS

144-68-3 Y Y

Properties

Rumus

C 40 H 56 O 2

Massa molar

568,88 g / mol

Penampilan

oranye merah

Titik lebur

215,5 ° C, 489 K, 420 ° F

Kelarutan dalam air

insol.

Senyawa terkait

Senyawa terkait

lutein
xanthophyl

Kecuali dinyatakan sebaliknya, data diberikan untuk bahan dalam keadaan standar (25 ° C, 100 kPa)

Zeaxanthin adalah salah satu dari dua karotenoid yang terkandung dalam retina dari mata. Dalam pusat makula, zeaxanthin adalah komponen dominan, sedangkan di perifer retina, lutein dominan.

Nama ini berasal dari Zea mays (jagung kuning Common jagung) di mana zeaxanthin menyediakan dasar pigmen kuning, ditambah kata Yunani untuk kuning (lihat xanthophyll)

Sebagai bahan tambahan makanan, zeaxanthin adalah pewarna makanan dengan nomor E E161h.

Lutein dan zeaxanthin memiliki rumus kimia yang identik dan isomer, tetapi mereka tidak stereoisomer. Perbedaan utama antara mereka berada di lokasi ikatan ganda di salah satu ujung cincin. Perbedaan ini memberikan lutein tiga kiral sedangkan pusat zeaxanthin memiliki dua cincin. Karena simetri, yang (3R, 3'S) dan (3S, 3'R) stereoisomer dari zeaxanthin adalah identik. Oleh karena itu, zeaxanthin stereoisomeric hanya memiliki tiga bentuk. (3R, 3'S) stereoisomer disebut meso-zeaxanthin.

Bentuk alami zeaxanthin adalah (3R, 3'R)-zeaxanthin. Makula berisi (3R, 3'R) dan meso-zeaxanthin , tapi juga mengandung banyak jumlah kecil ketiga (3S, 3'S) .

Ada epidemiologi bukti adanya hubungan antara rendahnya plasma konsentrasi lutein dan zeaxanthin di satu pihak, dan risiko berkembang yang berkaitan dengan usia degenerasi makula (AMD) di sisi lain. Beberapa penelitian mendukung pandangan bahwa suplemen lutein dan / atau zeaxanthin membantu melindungi terhadap AMD. Ada juga epidemiologi bukti bahwa lutein dan zeaxanthin meningkatkan asupan menurunkan risiko katarak pembangunan.

Pada 2007, dalam 6-tahun studi, Yohanes Paulus SanGiovanni dari National Eye Institute, Maryland menemukan bahwa lutein dan zeaxanthin (nutrisi dalam telur, bayam dan sayuran hijau lainnya) melindungi terhadap kebutaan (degenerasi makula), mempengaruhi 1,2 juta orang Amerika, kebanyakan setelah usia 65 tahun. Lutein dan zeaxanthin mengurangi resiko AMD. Makanan sumber nutrisi juga meliputi goji berry, kale, lobak hijau, collard hijau, romaine lettuce, brokoli, zucchini, buah kiwi, jagung, kebun kacang polong, swiss chard dan Brussel sprout.

Zeaxanthin adalah salah satu karotenoid yang paling umum ditemukan di alam alkohol. Ini adalah pigmen yang memberikan paprika (terbuat dari paprika), jagung, kunyit, dan banyak tanaman lain karakteristik warna mereka. zeaxanthin mengalami kerusakan / mogok untuk membentuk picrocrocin dan safranal, yang bertanggung jawab atas rasa dan aroma safron.

Karotenoid

Karotin (C 40)

α-Karoten · β-Karoten · γ-Karoten · δ-Karoten · ε-Karoten · ζ-Karoten · Lycopene · Neurosporene · phytoene · phytofluene

Xanthophylls (C 40)

Antheraxanthin · Astaxanthin · Canthaxanthin · Citranaxanthin · cryptoxanthin · Diadinoxanthin · Diatoxanthin · Dinoxanthin · Flavoxanthin · Fucoxanthin · Lutein · Neoxanthin · Rhodoxanthin · Rubixanthin · Violaxanthin · zeaxanthin

Apocarotenoids (C <40)

Asam Abscisic · Apocarotenal · Bixin · Crocetin · Makanan jeruk 7 · Ionones · Peridinin

Vitamin A

retinoid (C 20)

Retina · retinoic acid · retinol

Retinoid obat

Acitretin · Alitretinoin · Bexarotene · Etretinate · Fenretinide · Isotretinoin · Tazarotene · Tretinoin

Diperoleh dari "http://en.wikipedia.org/wiki/Zeaxanthin"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar